Iklan

KiKi
Minggu, 15 September 2024, September 15, 2024 WIB | Dibaca: 0 kali
Last Updated 2024-09-15T04:20:14Z
berita terkiniKomunitas

Karnaval Seni Budaya Kecamatan Kencong Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-79

Advertisement
BhirawaNews, Jember - Karnaval Seni Budaya Kecamatan Kencong dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 Sabtu (14/09/2024) semakin semarak dengan kehadiran Kencong Bicycle Community (KBC). Komunitas sepeda yang terkenal di wilayah Jember selatan ini ikut serta dalam barisan karnaval yang diikuti oleh ribuan peserta dan disaksikan oleh puluhan ribu penonton dari berbagai daerah.

Anggota Kencong Bicycle Community tampil unik dengan mengenakan pakaian tradisional dan kostum bertema kemerdekaan, sambil mengayuh sepeda yang dihias penuh warna merah putih. Mereka menyusuri rute karnaval sepanjang beberapa kilometer, menambah warna dan nuansa berbeda pada acara tahunan yang telah menjadi ikon budaya di wilayah selatan Jember.

Ketua Kencong Bicycle Community, Mochammad Faiq, mengatakan bahwa partisipasi komunitasnya dalam karnaval ini merupakan bentuk kecintaan terhadap budaya dan negara. "Kami sangat antusias mengikuti karnaval ini, karena selain merayakan HUT RI, kami juga ingin meyatukan para pecinta sepeda bahwa bersepeda bisa menjadi bagian dari budaya kita dan gaya hidup sehat yang perlu dijaga," ujarnya.

Kehadiran komunitas sepeda ini tidak hanya menarik perhatian penonton, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan bersepeda, serta mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan. "Dengan bersepeda, kami tidak hanya berolahraga, tetapi juga mengurangi polusi dan menjaga lingkungan. Semoga lebih banyak masyarakat yang terinspirasi," tambah Faiq.

Masyarakat yang hadir pun menyambut baik partisipasi KBC dalam karnaval. Salah satu warga, Indah, menyatakan rasa bangganya melihat komunitas lokal turut serta dalam perayaan besar ini. "Penampilan mereka sangat kreatif dan memberi pesan positif, terutama menjaga kelestarian budaya Semoga komunitas seperti ini terus berkembang," katanya. 

Kehadiran Kencong Bicycle Community menambah semarak dan warna pada Karnaval Seni Budaya HUT RI ke-79 di Kencong, yang selalu menjadi ajang unjuk kebolehan seni dan budaya dari berbagai elemen masyarakat.(Red)